Minggu, 11 April 2010

CARA MENANGKAL HACKING BILLING WARNET January 30, 2010 by reflectionmyself

Beberapa waktu yang lalu saat iseng-iseng buka beberapa blog, ada banyak artikel yang menurut saya bikin kesel khususnya para pemilik warnet termasuk saya. Karena dalam beberapa pembahasan, mereka menampilkan postingan cara-cara mencurangi billing, mempercepat bandwitch, dsb yang jelas-jelas akan sangat merugikan. Ada beberapa juga yang dengan bangganya menceritakan saat melakukan kecurangan di warnet yang mereka anggap sukses alias berhasil. Jelas aja bikin geram, sampai-sampai saya memberikan komentar yang cukup keras kepada salah satu pemilik blog (maaf ya). Tapi kebetulan pemilik blog tersebut segera sadar dan menghapus postingan yang akan sangat merugikan tersebut (katanya sih ) tapi ternyata di cek ya ngga dihapus malah tambah dilengkapi. Setelah dikonfirmasi katanya untuk memenuhi kehausan dan request tentang Teknologi…. (yang merugikan orang lain).

Ada beberapa pengalaman saat ada pengunjung warnet saya yang melakukan kecurangan. Awal mula kecurigaan adalah saat seringnya billing warnet tiba-tiba tidak connect ke server, ada dua macam yaitu:

1. Lampu online mati tetapi jam waktu tetap menyala

2. Lampu online menyala tetapi pada nama user merah alias seperti posisi stop dan jumlah uang juga berhenti tetapi komputer tetap menyala dan masih terus digunakan.

3. Pada saat terjadi hacking billing, bisa terjadi billing di semua user juga terputus atau cuma pada user yang melakukan kecurangan.

Memang ada bermacam-macam jenis billing dan tentu efek hacking billing tentu juga bermacam-macam.

Cara supaya bisa menangkal / antisipasi hacking Billing Warnet :

1. Jangan lupa terus memantau Billing di Server, karena mereka-mereka akan memantau dan melakukan kecurangan saat penjaga lengah dan tidak memperhatikan Billing.

2. Kenali gejala-gejala aneh pada Billing apalagi putus tiba-tiba setelah dipakai user yang baru datang, sementara sedari tadi dipakai tidak ada trouble.

3. Waspadai wajah-wajah pura-pura lugu dan tidak berdosa, karena ada kemungkinan mereka berlagak seperti itu supaya tidak dicurigai.

4. Jangan segan menegur dan mengingatkan orang-orang yang menjadi suspect hacking billing.

5. Beri tulisan peringatan untuk tidak mencurangi Billing.

6. Kalau ada maling pasti ada polisi … jadi sekarang kita adu pintar saja.

7. Alternative ganti aja windows dengan OS Linux beres …. pasti bakal bingung cara mencuranginya.

Yah.. semakin pintar dan majunya teknologi, memang semua tergantung pada yang menggunakannya, apakah untuk kebaikan atau untuk hal yang jelas-jelas merugikan orang lain. Oleh karena itu ilmu pengetahuan ibarat seperti senjata, tergantung di tangan siapa senjata itu berada. Kalau senjata di tangan seorang penjahat maka jelas akan dipakai membunuh, merampok dll tetapi kalo ditangan polisi maka bisa dipakai untuk menumpas kejahatan.

Seperti kejadian hilangnya uang nasabah di bank yang dimulai di Bali, pelakunya jelas orang pintar dan sangat mengerti teknologi tetapi memiliki hati yang jahat sehingga digunakan untuk merugikan orang lain.

Tentu sangat disayangkan hal-hal seperti ini harus terjadi. Oleh karena itu jangan anggap remeh perbuatan hacking billing warnet seperti ini, karena hal kecil saja atau perkara bayar 3000-4000 perak saja sudah mau dicurangi / dikorupsi bagaimana saat diserahi hal-hal besar / jabatan tinggi yang menyangkut uang milyaran. Seperti kasus Bank Century, BLBI dll, saya yakin pelakunya adalah orang-orang yang sudah terbiasa curang dalam hal-hal kecil sejak muda hingga menjadi habit saat menjadi pejabat.

Bisa karena terbiasa.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk membuka hati kita semua untuk memperbaiki diri baru setelah itu kita perbaiki negara ini.

http://reflectionmyself.wordpress.com/2010/01/30/cara-menangkal-hacking-billing-warnet/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar