Rabu, 07 April 2010

Overhaul Sistem Kemudi

A. Lengan-lengan kemudi
1. Memeriksa dan mengganti bantalan(bushing) lengan kemudi pada lengan idel
a. Bantalan pada lengan idel diperiksa dari:
1. Kendor pada mur penguncinya
2. Aus pada bidang logam
3. Aus pada bagian karetnya
4. Rusak keseluruhan bantalan
5. Lemah keseluruhan bantalan
6. Jarak main berlebihan

b. Mengganti bantalan lengan kemudi pada lengan idel
1. Membuka mur-mur pengikat pada komponen lengan kemudi
2. Mengeluarkan lengan idel dari rangkaian lengan kemudi
3. Mengeluarka bantalan lengan idel menggunakan pesawat tekan hidroulis, atau puller untuk jenis yang lain
4. Memasang bantalan baru menggunakan pesawat tekan hidroulis atau puller

2. Memeriksa dan mengganti sambungan peluru lengan kemudi
a. Sambungan peluru lengan kemdui diperiksa dari :
1. Kendor pada mur penguncinya
2. Aus
3. Rusak
4. Lemah (goncangan)

b. Mengganti sambungan peluru lengan kemudi
1. Membuka mur-mur pengikat sambungan peluru
2. Melepasakan sambungan peluru dari lengan kemudi dan knakel kemudi menggunakan Puller(SST)
3. Membuka mur-mur pengunci klem
4. Melepakan ujung-ujung tie rod (bersama-sama samungan peluru) dari tabung penyetel
5. Mengganti sambugan peluru (bersama-sama tie rod ), dengan jalan:
a. Memasang tie rod pada tempatnya (tabung penyetel)
b. Mengeraskan mur-mur pengunci klem
c. Memasang sambungan peluru pada komponen lengan kemudi dan lengan kemudi

B. Overhaul Kemudi
1. Membongkar, memeriksa, mengganti bantalan, dan memasang komponen kemudi jenis cacig dan mur bola bersirkulasi
A. Membongkar komponen
a. Tempatkan gigi kemudi di tengah-tengah. Hal ini diperlukan untuk memudahakn pengeluaran gigi sektor, dan tidak merusak rumah gigi kemudi
b. Melepskan baut-baut tutup gigi sektor dan mur pengunci baut penyetel
c. Melepaskan tutup gigi sektor melalui baut penyetel
d. Melepaskan gigi sektor dan porosnya
e. Mengendorkan mur pengunci sekerup penyetel bantalan gigi cacing
f. Melepaskan sekerup penyetel bantalan
g. Mengeluarkan gigi cacing dan mur pelurunya dengan antala yang berada di ujung gigi cacing. Jaga agar mur peluru tidak bergerak naik turun, sehingga tidak merusak pengantar peluru.
h. Melepaskan mur peluru dari gigi cacing, dengan cara melepaskan baut-baut pemegang pengantar pelurunya. Dengan cara menggerak-gerakkan poros gigi cacing, peluru akan keluar dari lubang-lubang peluru. Setelah peluru keluar semua, mu pemuru akan meluncur keluar dari poros cacing
i. Melepasakan sil (perapat) ujung poros gigi sektor
j. Melepaskan dua buah bantalan gulung poros gigi sektor
k. Melepaskan sil poros gigi cacing
l. Melepaskan dua buah bagian luar bantalan poros gigi cacing
m. Melepaskan dua buah bagian dalam bantalan poros gigi cacing

B. Memeriksa bantalan
Bantalan pada kemudi cacing dan mur bola bersirkulasi terdiri dari:
1. Bantalan gulung (dua buah) untuk poros gigi sektor
2. Bantalan peluru (dua buah) untuk poros gigi cacing
Bantalan gulung dan bantalan peluru diperiksa dari aus, rusak, kemungkianan perputaran tidak sempurna, dan kerusakan yang lain.

C. Mengganti bantalan dan memasang kembali komponen
Memasang kembali komponenadalah kebalikan dari pada saat mebongkar
a. Memasang kembali gigi cacing dan mur peluru dengan memasukkan peluru-peluru pada pengantar dari lubang-lubang peluru pada mur peluru
b. Memasang bagian luar bantalan gigi cacing
c. Memasang bagian dalam bantalan poros gigi cacing
d. Memasang bantalan gulung poros gigi sektor
e. Memasang sil-sil pada rumah gigi kemudi
f. Memasang gigi cacing dan mur peluru. sekerup penyetel bantalan dan mur pengunci serta kelengkapannya, kemudian penyetelanya.
g. Memasang gigi sektor, tutup dan baut penyetel, serta mur pengunci kemudian penyetelannya.


2. Membongkar, memeriksa, mengganti bantalan, dan memasang komponen kemudi jenis rak dan pinion
A. Membongkar komponen
a. Memasang rumah gigi kemudi pada penyanggah yang dibuat khusus, atu dijepitkan pada ragum dengan pelindung bahan lunak
b. Memberikan tanda pada sambungan peluru di ujung tie rod dengan batang rak. Hal ini diperlukan pada saat pemasangan kembali, agar posisi keduanya tetap pada posisi yang sama .
c. Melepaskan mur pengunci dari ujung tie rod
d. Melepaskan klip-klip pengikat penutup debu dari tie rod dan rumah gigi
e. Melepaskan penutup debu
f. Melepaskan kedua tie rod dari ujung-ujung batang rak dengan cara melepaskan sabungan-sambungan peluru pada ujung bagian dalam tie rod
g. Mengendorkan mur pengunci pengantar rak
h. Melepaskan pengantar rak dari rumah gigi kemudi, bersama pegas dan spaser
i. Melepaskan sir klip penahan bantalan poros pinion dari rumah gigi
j. Melepaskan pinion dan bantalan
k. Melepaskan rak dari rumah gigi kemudi
l. Melepaskan bantalan gulung poros pinion dari rumah gigi
j. Melepaskan bantalan peluru dari poros pinion
k. Melepaskan sil (perapat) dari rumah gigi kemudi
l. Melepaskan bantalan logam (bushing) rak

B. Memeriksa bantalan
Bantalan pada kemudi rak dan pinion terdiri dari :
a. Bantalan gulung (satu buah) untuk ujung pinion
b. Bantalan peluru (satu buah) untuk poros pinion

Bantalan gulung diperiksa dari aus, rusak, kemungkianan perputaran tidak sempurna, dan kerusakan yang lain. Bantalan logam diperiksa dari aus atau celah antara bantalan dengan batang rak.

C. Mengganti bantalan dan memasang kembali
Memasang komponen merupakan kebalikan dari proses membongkar.
a. Memberikan pelumas pada komponen selama proses perakitan
b. Memasang bantalan logam pada rumah rak
c. Memasang bantalan gulung pada pada rumah gigi kemudi
d. Memasang sil pada rumah gigi kemudi
e. Memasang bantalan peluru pada poros pinion
f. Memasang rak dan rumahnya, dengan menempatkan bagian yang terakit
sehingga pinion dapat di tempatkan
g. Memasang pinion pada rumah gigi dengan ujung pinion aman berada di bantalan bawah
h. Memasang sekerup penyetel bantalan pinion dengan kelengkapannya pada rumah gigi kemudi, kemudian menyetelnya
i. Memasang pengantar rak dan kelengkapannya
j. Memasang penutup debu dan klip pengikat
k. Memasang tie rod pada batang rak




http://aulia13.blogspot.com/2009/11/jebol-billing-warnet.html Jebol billing warnet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar